54 Shares 196 Views

Besok PPK Kecamatan Purba Lantik Secara Serentak 294 KPPS Pilgubsu se Kecamatan Purba

Jun 01, 2018
55 197

ALS-SIMALUNGUN ATAS

Tahapan pendaftaran, seleksi, hingga pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 telah usai.

Besok, Sabtu (02/06/2018) dijadwalkan seluruh anggota KPPS bakal dilantik secara serentak di Ruang Harungguan Kantor Camat Purba Kelurahan Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Purba.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Purba, Lamhot Girsang mengatakan, pembentukan dan pelantikan anggota KPPS adalah syarat mutlak yang harus dilakukan pihaknya dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di setiap daerah.

“itu sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 05 Tahun 2008 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota sebagaimana telah beberapa diubah terakhir, dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 01 Tahun 2010.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 06 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota sebagaimana telah diubah dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 22 Tahun 2008. Dan kami, di PPK sebagai perpanjangan tangan berkewajiban membentuk KPPS sebagai badan penyelenggara seperti halnya sebelumnya yang sudah dilakukan yakni pembentukan Panitia pemungutan Suara (PPS),” kata Lamhot kepada Reporter www.akarliputansumut.com, Jumat (01/06/2018) di Kantornya.

Dia menerangkan, total Calon anggota KPPS ada sekitar 294 yang terebar beberapa TPS di tiap-tiap Desa/Nagori se-Kecamatan Purba yang akan dilantik besok Sabtu (02/06/2018). Atau terhitung dari 42 tempat pemungutan suara (TPS) yang dibentuk pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018. Setiap TPS, ada 7 orang anggota KPPS.

Lamhot menambahkan, selain itu, KPPS nantinya akan bertugas menjaga serta mengamankan keutuhan kotak suara setelah masa perhitungan suara maupun di saat kotak suara masih tersegel. Lalu mereka pun berkewajiban untuk membuat berita acara pemungutan serta penghitungan suara yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. (Sin)

You may be interested

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba
Berita, SUMUT
0 shares17 views

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SUMUT Danau Toba termasuk satu diantara tujuh keajaiban yang ada di dunia. Danau Toba atau tao toba sebutan bagi orang Sumatera Utara khususnya…

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya
Berita, SUMUT
0 shares116 views

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SIMALUNGUN Hasil keputusan bersama kemarin memutuskan bahwa Rumah Sakit (RSUD) Rondahaim Pematang Raya akan di gunakan sebagai tempat identifikasi para jenazah korban kapal…

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi
Berita, SUMUT
0 shares331 views

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-TIGARAS Pada pagi hari ini, Rabu (20/06/2018) sekira pukul 10.30 Wib, Tim SAR kembali menemukan sosok mayat seorang perempuan dengan ciri-ciri : Rambut…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category