58 Shares 269 Views

Besok PPK Kecamatan Purba Lantik Secara Serentak 294 KPPS Pilgubsu se Kecamatan Purba

Jun 01, 2018
59 270

ALS-SIMALUNGUN ATAS

Tahapan pendaftaran, seleksi, hingga pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 telah usai.

Besok, Sabtu (02/06/2018) dijadwalkan seluruh anggota KPPS bakal dilantik secara serentak di Ruang Harungguan Kantor Camat Purba Kelurahan Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Purba.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Purba, Lamhot Girsang mengatakan, pembentukan dan pelantikan anggota KPPS adalah syarat mutlak yang harus dilakukan pihaknya dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di setiap daerah.

“itu sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 05 Tahun 2008 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota sebagaimana telah beberapa diubah terakhir, dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 01 Tahun 2010.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 06 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota sebagaimana telah diubah dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 22 Tahun 2008. Dan kami, di PPK sebagai perpanjangan tangan berkewajiban membentuk KPPS sebagai badan penyelenggara seperti halnya sebelumnya yang sudah dilakukan yakni pembentukan Panitia pemungutan Suara (PPS),” kata Lamhot kepada Reporter www.akarliputansumut.com, Jumat (01/06/2018) di Kantornya.

Dia menerangkan, total Calon anggota KPPS ada sekitar 294 yang terebar beberapa TPS di tiap-tiap Desa/Nagori se-Kecamatan Purba yang akan dilantik besok Sabtu (02/06/2018). Atau terhitung dari 42 tempat pemungutan suara (TPS) yang dibentuk pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018. Setiap TPS, ada 7 orang anggota KPPS.

Lamhot menambahkan, selain itu, KPPS nantinya akan bertugas menjaga serta mengamankan keutuhan kotak suara setelah masa perhitungan suara maupun di saat kotak suara masih tersegel. Lalu mereka pun berkewajiban untuk membuat berita acara pemungutan serta penghitungan suara yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. (Sin)

You may be interested

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine
Berita, SUMUT
0 shares5 views

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-SIANTAR Sebanyak 50 orang anggota Korem 022/PT  melaksanakan tes urine di Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Pematangsiantar. Kegiatan tes urine ini langsung…

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa
Berita, Simalungun
0 shares21 views

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-HUTABAYU Proyek pembangunan peningkatan jalan Hutabayu Raja terkesan di telantarkan. Hal itu dikatakan puluhan orang warga Hutabayu Raja pada www.akarliputan sumut com, pada…

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling
Berita, SUMUT
0 shares25 views

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-NISEL Petugas Kepolisian Sektor Lahusa Polres Nias Selatan Sumatera Utara, menggagalkan peredaran minuman keras jenis tuak suling sebanyak 700 liter yang berasal dari…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category