9 Shares 154 Views

Dirut PTPN IV Diharapkan Beri Perhatian Khusus Pada Kebun Unit Bukit Lima

Jun 09, 2018
9 155

ALS-SIMALUNGUN

Sebagai lembaga yang berperan sebagai sosial control. TOPAN RI Sumut berupaya untuk mendukung Target Laba PTPN IV sebagaimana di katakan direktur utama bapak Siwi Peni bahwa untuk berusaha dan berupaya mencapai target laba 2018 sebesar Rp 1,6 T, itu berarti harus bekerja maksimal dalam produksi juga obtimalisasi dalam segala bidang demi mencapai target dimana diketahui laba 2017 hanya Rp 700 M.
Sungguh peningkatan yang sangat signifikan karena target 2018 harus menaikkan Rp 900 M laba, atau lebih kurang naik 125 persen.

Untuk mendukung dan terhadap target laba BUMN ini,  TOPAN RI Sumut melakukan investigasi ke unit-unit kebun PTPN IV, Dan sangat di sayangkan, dari hasil pantauan dan investigasi ke lapangan langsung, tim investigasi TOPAN RI Sumut yang di komando oleh komandan investigasi Simon Nainggolan menemukan adanya dugaan tidak terealisasinya dengan baik dan benar pekerjaan tanaman ulang pada TBM (tanaman belum menghasilkan) afdeling 1 unit kebun mayang. Juga setelah pekerjaan TU selesai, perawatan tidak sebagai mana mestinya..

“Bagaimana target laba Rp 1,6 T seperti yang di rencanakan bapak direktur utama PTPN IV bisa tercapai bila dalam pelaksanaan pekerjaan di unit seperti ini. Bagaimana mungkin bisa meningkatkan produksi TBS bila dalam pemeliharaan saja di duga sudah tidak benar”, ucap Simon.

Masih pada afdeling 1. TBM 2, juga di duga kurang nya perawatan atau bahkan mungkin tidak dilakukan perawatan.

Masih menurut Simon Nainggolan, yang pernah merasakan selaku mantan anak kebun, yang juga berkata bahwa mendiang ayah nya dulu pernah termasuk pelaksana plotting pada pembukaan kebun bukit lima.

“Saya sangat miris melihat keadaan kebun ini sekarang, dahulu kebun ini sangat baik.. TBM semua dipenuhi mukuna (kacangan) yang sangat penting menjaga stabilitas kelembapan tanah untuk unsur hara terpelihara dengan baik. Kelak akan berdampak terhadap produksi TBS.
Bagaimana pencapaian target seperti di harapkan ibu dirut diatas 23 ton /Ha, bila perawatan tanaman seperti di afdeling 1 unit kebun bukit lima ini..
Ibarat anak kecil (baby), tidak pernah mandi, tidur di peceran, dan tidak di beri gizi yang layak, maka sudah barang tentu SDM nya kelak kurang bermutu. Demikian juga dengan sawit yang juga mahluk hidup”, ungkap Simon Nainggolan.

Disisi lain, TM juga diduga kurang perawatan yang kelihatan semak. Produksi TBS juga kelihatan busuk..
Wah.. hal ini sangat merugikan perusahaan dan juga negara.. karena kebun ini sebagai sumber pendapatan negara…

Untuk hal ini.. Tim investigasi Topan Ri Sumut mencoba konfirmasi kepada manager setempat. Tetapi menager tidak dapat ditemui dengan alasan ada pekerjaan penting. Selanjutnya memberi arahan kepada SDM untuk menemui tim investigasi Topan Ri Sumut. Tim bertemu SDM yaitu pak Panca, tetapi karena investigasi terhadap hal tanaman, pak panca tidak dapat memberikan keterangan yang cukup sebab bukan bidang dia..
Demikian juga dengan asisten afdeling 1 kebun bukit lima, tim menunggu hingga 3 jam di kantor afdeling, tetapi asisten tidak juga masuk kantor.

Selanjutnya tim akan melaporkan temuan ini kepada direktur utama PTPN IV, sebagai peran TOPAN RI Sumut dalam mendukung pencapaian target laba BUMN tersebut. (D1)

You may be interested

Terkait Dugaan Pungli, Besok Kepsek SD 091522 Marubun Jaya Akan Diperiksa Team Ditkrimum Poldasu
Berita, Simalungun
0 shares25 views

Terkait Dugaan Pungli, Besok Kepsek SD 091522 Marubun Jaya Akan Diperiksa Team Ditkrimum Poldasu

REDAKSI - Jun 22, 2018

ALS-SIMALUNGUN Terkait laporan masyarakat ke Ombusman Jakarta atas adanya dugaan pungli yang di lakukan oleh oknum Kepala Sekolah SD Negri 091522 Marubun Jaya…

Rapat Kordinasi Pilgubsu 2018 di Kabupaten Simalungun
Berita, Simalungun
0 shares51 views

Rapat Kordinasi Pilgubsu 2018 di Kabupaten Simalungun

REDAKSI - Jun 22, 2018

ALS-SIMALUNGUN Pada hari ini, Jumat (22/06/2018) sekira pukul 10.00 Wib pagi tadi, telah berlangsung Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun…

RS Santa Elisabet Kota Batam, Dianggap Lalai Dalam Mengurus Pasien
Berita
0 shares454 views

RS Santa Elisabet Kota Batam, Dianggap Lalai Dalam Mengurus Pasien

REDAKSI - Jun 22, 2018

ALS-BATAM Hizkia Samosir,salah seorang pasien dari Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Kota,kecewa terhadap pelayanan dan penindakan yang dilakukan oleh dokter yang pada saat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category