14 Shares 193 Views

DPC PDIP Kabupaten Simalungun Jadi Tuan Rumah TOT Kamar Hitung 6 Kabupaten dan Kota

Jun 09, 2018
14 194

ALS-SUMUT

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun, menjadi tuan rumah untuk kegiatan TOT (Traening Of Traners) Rumah Hitung bagi 6 Kabupaten / Kota se Sumatera Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kompleks Griya, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun tersebut dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari Kab. Simalungun, Kota Pematang Siantar, Kota Tebing Tinggi, Kab. Tobasa, Kab. Samosir, dan Kab. Humbang Hasundutan.

Untuk tutor pemberi materi kegiatan, sambung Juandi Sihaloho, ada sebanyak 3 orang, Leo Marbun dari BSPN PDIP DPD Sumut, Februanco Silaen dari BSPN PDIP DPD Sumut, dan Samulia Surya Indra dari BSPN PDIP Pusat.

” Pelatihan TOT (treaning of treaners) untuk kamar hitung BSPN PDI Perjuangan, melatih pelatih untuk perhitungan suara (real count). PDIP sudah punya perhitungan internal tanpa melalui pihak ketiga,” sebut dirinya

Dikatakan olehnya juga, materi yang diberikan para Tutor berkaitan dengan, Tehnik penginputan suara, deteksi dini kecurangan pemilu, pengitungan dan rekapitulasi suara dan penugasan evaluasi dan monitoring.

” Tujuan TOT Kamar Hitung yang mengikuti pelatihan akan melatih operator kamar hitung di Kabupaten / kota DPC PDIP masing masing. Dengan sistem seperti ini diharapkan puncak Pilkada pukul 17.00 Wib kita sudah mengetahui siapa pemenang di Pilkada Sumut, ” pungkasnya.

Dilainnya, Golang Harianja, Unsur Pengurus DPC PDIP Kabupaten Simalungun, melalui seluler mengatakan sangat mendukung kegiatan dikarenakan kegiatan ini merupakan pelatihan yang dapat diterapkan kembali oleh kader dalam menjaga perolehan suara agar tidak dicurangi.

Hal senada juga dikatakan oleh Maha Darma Saragih, Ketua DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Simalungun, dan menambahkan kegiatan ini dalam rangka mengawal suara No 2.

Jadi di PDIP ada BSPN, yang dilaksanakan saat ini dilakukan oleh DPD PDIP Provinsi Sumut dalam rangka TOT Kamar hitung.

Sistem seperti ini sudah 2 (dua) kali diadakan. Kemarin di Kabupaten Simalungun sudah dilakukan.

Suara dari TPS langsung diketahui oleh BSPN Pusat melalui BSPN Kabupaten yang mengirimkan perolehan secara online melakukan pengiriman data dari saksi di TPS.

Syarat saksi, dia harus memilih di TPS bersangkutan dan memiliki HP untuk mengirimkan hasil perolehan kepada BSPN Kabupaten dan BSPN Kabupaten Simalungun mengirimkan data ke BSPN Pusat.

Mulai dari pendataan, sampai pencoblosan adalah tugas saksi. Jauh hari saksi sudah bertugas dengan melihat DPT. Sekaligus memantau seluruh masyarakat untuk memilih di TPS tersebut dan melihat apakah ada masyarakat yang belum masuk ke DPT.

Sejak berdiri BSPN, tahun 2015, sistem perekrutan saksi oleh PDI P, sistemnya adalah saksi seumur hidup. Agar dia lebih memahami. Kecuali dia tidak mampu lagi menjalankan tugasnya, seperti berhianat terhadap partai, pindah lokasi atau hal hal lain.

” Sistem seperti ini baru dilaksanakan oleh PDI Perjuangan,” pungkasnya. (GH)

You may be interested

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine
Berita, SUMUT
0 shares5 views

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-SIANTAR Sebanyak 50 orang anggota Korem 022/PTĀ  melaksanakan tes urine di Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Pematangsiantar. Kegiatan tes urine ini langsung…

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa
Berita, Simalungun
0 shares21 views

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-HUTABAYU Proyek pembangunan peningkatan jalan Hutabayu Raja terkesan di telantarkan. Hal itu dikatakan puluhan orang warga Hutabayu Raja pada www.akarliputan sumut com, pada…

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling
Berita, SUMUT
0 shares25 views

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-NISEL Petugas Kepolisian Sektor Lahusa Polres Nias Selatan Sumatera Utara, menggagalkan peredaran minuman keras jenis tuak suling sebanyak 700 liter yang berasal dari…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category