35 Shares 654 Views

Humatob Dukung ” Pemakzulan ” Walikota Siantar

Mei 04, 2018
35 655

ALS-SIANTAR

Tuntutan warga etnis Simalungun agar Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor turun dari jabatannya karena dianggap melakukan penistaan terhadap etnis Simalungun terus mengemuka. Rangkaian aksi massa yang dilakukan oleh warga etnik Simalungun, berhasil menarik simpatik warga lain yang ada di Kota Siantar, khususnya Himpunan Masyarakat Batak Toba (HUMATOB) yang ada di Siantar.

Dalam pernyataan sikapnya yang di sampaikan lewat media ALS pada Jumat (04/05/2018), Humatob juga menilai bahwa Walikota Siantar tidak menghargai kearifan lokal yang dimana seyogianya Kota Siantar itu adalak “milik” warga etnik Simalungun,”kami dapat merasakan yang dialami saudara-saudara kami Suku Simalungun yang merasa tidak dihargai sebagai leluhur Kota Siantar, dan kami mengkhawatirkan kemarahan Suku Simalungun akan berdampak negatif,”ujar Ketua Humatob, Ladon Simanjuntak.

Kami (Humatob red) menilai, sambung Ladon, sikap dan kebijakan Walikota tidak menghargai kearifan lokal sehingga membuat ketersinggungan Simalungun berpotensi menimbulkan keresahan SARA di masyarakat Siantar. Padahal, Pemerintah seharusnya menciptakan kedamaian ditengah masyarakat dengan menghargai dan menjaga kearifan lokal.

Oleh sebab itu, sambung Ladon, kami (Humatob red) meminta DPRD Kota Siantar segera memberikan sikap, jawaban atas tuntutan masyarakat Suku Simalungun dengan membuat keputusan yang berpedoman kepada ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku. Sebab, Walikota Siantar telag dapat dianggap menciprakan keresahan SARA yang dalam hal ini juga berarti telah melanggar sumpah jabatan sebagai Walikota.

Selain membuat surat Pernyataan Sikap dari Humatob, kata Ladon, pihaknya juga turut serta turun kejalan bersama warga etnik Simalungun untuk menyuarakan tuntutannya. (Bamby)

You may be interested

Kemendag Wajibkan Pencantuman Label Pada Kemasan Beras Untuk Lindungi Konsumen
Berita, Jakarta
0 shares9 views

Kemendag Wajibkan Pencantuman Label Pada Kemasan Beras Untuk Lindungi Konsumen

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-JAKARTA Kementerian Perdagangan (Kemdag) terus berupaya melindungi konsumen khususnya konsumen beras. Salah satunya dengan mewajibkan pencatuman label pada kemasan beras. Hal ini tertuang…

Tentara Pembebasan Nasional OPM Tembak dan Panah Dua Prajurit TNI
Berita, Nasional
0 shares11 views

Tentara Pembebasan Nasional OPM Tembak dan Panah Dua Prajurit TNI

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-IRIAN JAYA Kelompok Bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka kembali beraksi dengan melakukan pembunuhan terhadap anggota TNI pada Minggu (19/07/2018) kemarin di…

Dua Anggota TNI Tewas Ditembak Disaat Mengangkut Makanan Yang Akan Dibagikan Untuk Anak-Anak
Berita, Peristiwa
0 shares21 views

Dua Anggota TNI Tewas Ditembak Disaat Mengangkut Makanan Yang Akan Dibagikan Untuk Anak-Anak

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-JAYAPURA Dua anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) tewas ditembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Dua prajurit itu…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category