132 Shares 781 Views

Inilah Fakta Yang Diungkap Kabiro Hukum KPU Pusat di Sidang Bawaslu

Feb 27, 2018
132 782

ALS-MEDAN

Perlahan secara fakta terungkap di persidangan pasangan JR Saragih dan Ance Selian yang diutarakan oleh saksi yang diajukan oleh pihak termohon dalam hal ini KPU. Saksi yang diajukan adalah Kabiro Hukum KPU Pusat Nur Syarifah.

Di persidangan, saksi mengutarakan ada terjadi kesalahan yang dilakukan termohon dalam menyatakan pasangan tersebut Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada tanggal 17 Januari 2017. Baginya, seharusnya Belum Memenuhi Syarat (BMS).

“Surat tanggal 22 januari 2018 tidak dapat dijadikan alasan men-TMS kan pasangan calon karena verifikasi dilakukan tanggal 21 – 27 Januari 2018. Hanya boleh menjawab dokumen tanggal 18-20 januari bukan yang sebelumnya atau masa pendaftaran,” ucapnya di Bawaslu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (27/2/2018).

Kemudian, berita acara yang tidak disertai stempel juga tidak bisa dijadikan acuan dasar karena harus mengacu permendiknas tentang nota dinas.

“Keterangan berita acara tanggal 17 januari 2018 oleh KPU adalah salah karena PKPU tidak mengenal kata konfirmasi, seharusnya diisi dengan kata belum terklarifikasi,” bebernya.

Selain itu, di fakta persidangan bahwa keterangan saksi membuat bimbang Bawaslu. Pasalnya, beberapa kali ditanyakan saksi kerap mengubah hasil jawaban.

“Menurut saksi, pendaftaran tanggal 8-10 lalu penelitian kemudian dilakukan hasil pemeriksaan apakah ini sebagai pemberitahuan kepada peserta pasangan calon atau sebatas pengumuman atau hanya penyampaian?,” tukas Ketua Majelis Hardy Munthe kepada saksi.

Hingga berita ini diturunkan proses persidangan masih berlangsung dalam rangka pembacaan keterangan saksi dari pihak termohon dalam hal ini KPU Sumatera Utara. (R2/D1)

You may be interested

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba
Berita, SUMUT
0 shares17 views

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SUMUT Danau Toba termasuk satu diantara tujuh keajaiban yang ada di dunia. Danau Toba atau tao toba sebutan bagi orang Sumatera Utara khususnya…

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya
Berita, SUMUT
0 shares120 views

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SIMALUNGUN Hasil keputusan bersama kemarin memutuskan bahwa Rumah Sakit (RSUD) Rondahaim Pematang Raya akan di gunakan sebagai tempat identifikasi para jenazah korban kapal…

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi
Berita, SUMUT
0 shares331 views

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-TIGARAS Pada pagi hari ini, Rabu (20/06/2018) sekira pukul 10.30 Wib, Tim SAR kembali menemukan sosok mayat seorang perempuan dengan ciri-ciri : Rambut…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category