17 Shares 134 Views

Jaring Investasi Daerah Pemko Tebing Tinggi Permudah 112 Jenis Perijinan

Feb 23, 2018
17 135

ALS-TEBINGTINGGI
Guna meningkatkan serta menjaring investasi di daerah, Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) terus meningkatkan pelayanan secara professional dengan mempermudah proses pengurusan serta penerbitan segala macam jenis perizinan dengan segera dan tepat waktu.

Kepala Dinas PM-PTSP Tebing Tinggi Suriadi S.Pd M.Pd kepada wartawan, Jumat (23/2) di kantornya Jalan Gunung Leuser Kota Tebing Tinggi menyampaikan, mulai tahun 2017 lalu sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor : 46 tahun 2017 tentang pelimpahan kewenangan dibidang pelayanan perizinan dan non perizinan, pihak DPM-PTSP diberikan kewenangan untuk menerbitkan 112 jenis izin dan non perizinan antara lain, izin di bidang kesehatan terdiri dari 34 jenis izin dan 10 jenis non perizinan, bidang pendidikan 8 jenis izin, perhubungan 3 jenis izin dan 1 non perizinan, bidang perdagangan 2 jenis izin dan 3 jenis non perizinan, bidang tenaga kerja 7 jenis izin dan 1 non perizinan, bidang lingkungan hidup 3 jenis izin.

Selanjutnya bidang perindustrian 6 jenis izin dan 4 non perizinan, pertanian 9 jenis izin dan 2 non perizinan, pekerjaan umum dan penataan ruang 5 jenis izin, penanaman modal 1 jenis izin dan 1 non perizinan, bidang pariwisata 1 jenis non perizinan, bidang perumahan dan kawasan permukiman 9 jenis izin, lalu bidang pertanahan 2 jenis izin. “Jadi sejak adanya pelimpahan kewenangan penerbitan 112 jenis perizinan tersebut, tim teknis pelayanan perizinan dan non perizinan yang dibentuk sesuai dengan Keputusan Wali Kota No.503/1983 tahun 2017, bekerja sesuai jadwal yang telah ditentukan sehingga lebih transparan, cepat dan efisien,” jelas Suriadi.

Untuk jadwal hari Senin dan Rabu mulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wib untuk tim teknis bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Bidang Pariwisata. Hari Selasa dan Kamis merupakan jadwal untuk tim teknis bidang Perhubungan, Perdagangan, Tenaga Kerja dan Perindustrian, bidang Pertanian, Perumahan dan Kawasan Permukiman. Sedangkan hari Jumat mulai pukul 09.00 hingga 11.00 Wib untuk tim teknis Bidang Penanaman Modal dan Pertanahan. “Untuk saat ini, tim teknis DPM-PTSP tidak mengirim berkas lagi tapi mereka yang datang membawa berkas ke SKPD, dan memproses lalu berkas diantar kemari sesuai jadwal yang telah ditentukan, proses pengurusannya lebih jelas dan transparan karena ada nota dan tanggal (masuk berkasnya), misalnya jadwal diantar hari Senin maka berkas diambil hari Rabu,” terang Suriadi.

Ditambahkan oleh Suriadi, sebagai tindak lanjut dari Perwal No.19 tahun 2017 tentang tugas, fungsi, tata kerja dan rincian tugas, sejak 9 November 2017 lalu, pihak DPM-PTSP telah menghentikan penyelenggaraan pelayanan izin gangguan (HO) di Kota Tebing Tinggi berdasarkan Surat Wali Kota Tebing Tinggi Nomor : 974/10562/Hkm/2017 tertanggal 7 November 2017. Selama tahun 2017, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kota Tebing Tinggi telah menerbitkan 3.879 surat izin dari 112 jenis perizinan yang saat ini telah dilimpahkan ke instansi tersebut. Sedangkan hingga tanggal 14 Februari 2018, jumlah permohonan izin yang telah masuk dan sedang dalam proses penerbitan sebanyak 509 berkas.

“Kami harapkan kepada para pengusaha ataupun yang mempunyai kegiatan usaha agar segera mengurus atau mendaftarkan usahanya ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Tebing Tinggi, silahkan datang langsung dan bisa juga melalui online www.eprizinan.tebingtinggikota.go.id atau melalui email [email protected] dan kami siap membantu anda,” imbuh Suriadi. (RP)

Ket Foto : Suriadi S.Pd M.Pd, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tebing Tinggi.1

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
36 shares225 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
26 shares219 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares404 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category