11 Shares 180 Views

Kebakaran 100 Ha Lahan di Silahi Sabungan

Jun 13, 2018
11 181

ALS-SUMUT

Sampai hari ini Laporan Kebakaran lahan di desa Sikodon Kodon, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, masih belum dapat dipadamkan dan masih terbakar.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia melalui saluran Whats App, Selasa (12/06/ 2018) sekitar pukul 22.17 Wib.

Dijelaskan olehnya, data yang diperolehnya kebakaran lahan terjadi pada Jumat 9 Juni 2018 dan dari hasil pengecekan tepanya di Koordinat lapangan :N : 02 52 34,2
E : 098 30 56,4. Desa : Sikodon kodon, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi dengan luas 100 Ha.

Asal api dari perladangan penduduk Paropo 1 Kecamatan Silahisabungan/ perbatasan antara Kabupaten Dairi dengan Kabupaten Karo.

Saat disinggung apakah ada kemungkinan nantinya kabut asap yang timbul dari kebakaran tersebut mempengaruhi Lalin darat dan Danau Toba, Kepala Data dan Informasi BPBD Indonesia tersebut menjawab tidak.

” Nggak..yang terbakar adalah semak belukar di sekitar Danau Toba. Bukan lahan gambut, ” tulisnya.

Selanjutnya Ia menyampaikan hasil analisis Kepala BBMKG Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si, yang berisikan dalam beberapa hari terakhir ini suhu udara di Kota Medan mengalami peningkatan  yg signifikan antara *34 sd 36 °C*.

Pada 10 Juni 2018 suhu udara maksimum tercatat di beberapa kota di wilayah Sumatera diantaranya :

Meulaboh 34,2 °C, Banda Aceh 35,2°C Sibolga 35 °C, Medan 36,2 °C

Deli Serdang 34,4 °C, Tuntungan 35,6 °C, Aceh Besar 36 °C, Tarempa 34 °C dan Tambang Riau 34,4 °C.

Berikut ini kami sampaikan hasil analisis terkait kondisi cuaca ekstrim yg melanda sebagian wilayah Sumatera  tersebut :

1. Faktor Skala global Suhu muka laut di perairan Samudera Hindia sebelah barat Sumatera masih menghangat berkisar antara *29 hingga 31* derajat, dan posisi matahari berada di utara khatulistiwa,

2. Faktor Skala regional diwilayah sumatera utara terbentuk divergen atau arus udara yang menyebar, dan arah angin dominan dari barat daya hingga barat laut atau sering disebut southwest monsoon yang berasal dari benua Australia yang sifatnya kering.

3. Faktor Skala Lokal dari data udara atas, kelembapan di udara atas (pada lapisan 850 hingga 500 mb cukup kering) berkisar antara *50 hingga 60 persen, dan angin perlapisan juga cukup kencang dengan kecepatan 10 hingga 40 km/jam.

Hal ini mengakibatkan berkurangnya pertumbuhan awan  diwilayah Sumatera Utara,  dan akibat kelembapan cukup kering dan tidak adanya pertumbuhan awan sehingga radiasi sinar matahari langsung masuk kepermukaan bumi yang mengakibatkan kondisi udara cukup panas dan gerah.

Selain itu wilayah Sumatera Utara sudah memasuki musim kemarau

Hal ini menyebabkan
meningkatnya suhu udara di wilayah Sumatera Utara khusunya di Kota Medan. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan 3 hingga 4 hari ke depan. (D1)

You may be interested

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba
Berita, SUMUT
0 shares9 views

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SUMUT Danau Toba termasuk satu diantara tujuh keajaiban yang ada di dunia. Danau Toba atau tao toba sebutan bagi orang Sumatera Utara khususnya…

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya
Berita, SUMUT
0 shares102 views

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SIMALUNGUN Hasil keputusan bersama kemarin memutuskan bahwa Rumah Sakit (RSUD) Rondahaim Pematang Raya akan di gunakan sebagai tempat identifikasi para jenazah korban kapal…

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi
Berita, SUMUT
0 shares295 views

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-TIGARAS Pada pagi hari ini, Rabu (20/06/2018) sekira pukul 10.30 Wib, Tim SAR kembali menemukan sosok mayat seorang perempuan dengan ciri-ciri : Rambut…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category