13 Shares 92 Views

Kebijakan Lelang Konsolidasi Tak Berpihak Kepada Pengusaha Kecil

Mar 10, 2018
13 93

ALS-JAKARTA

Jakarta – Kebijakan yang baru saja dikeluarkan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta terkait “Lelang Konsolidasi” langsung diprotes Kamar Dagang Industri (KADIN) Jakarta Pusat. Sikap protes itu langsung disampaikan RH Victor Aritonang, Ketua KADIN Jakarta Pusat kepada awak media dalam keterangan pers di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 08 Maret 2018.

Victor beralasan kebijakan lelang konsolidasi yang dikeluarkan Anies Baswedan dan Sandi Uno (Gubernur dan Wakil Gubernur) DKI Jakarta merupakan kebijakan yang membawa kegagalan dalam sistem pengadaan barang dan jasa lingkungan Pemrov DKI Jakarta. Lanjutnya, kegagalan yang dimaksud karena sudah terbukti banyak proyek yang mangkrak dan pekerjaan dilakukan sub kontraktor.

“Parahnya lagi justru kebijakan lelang konsolidasi tidak memberikan ruang bagi pengusaha kontraktor kecil dan UMKM untuk ikut tender. Dampak kebijakan itu sangat merugikan ribuan anggota KADIN dari golongan kecil dan UMKM bisa gulung tikar,” tandasnya.

Selain itu, Victor menjelaskan fakta yang pernah terjadi dari penerapan lelang konsolidasi membuat pengusaha kecil dan UMKM tidak dapat mengikuti tender di Pemrov DKI Jakarta. Sehingga, nantinya hanya menimbulkan diskriminasi antara kelompok pengusaha besar dan kecil. Tegasnya, dia menilai kebijakan lelang konsolidasi hanya akal-akalan Badan Pelayanan Barang dan Jasa (BPBJ) DKI Jakarta.

“Melanjutkan program lelang konsolidasi yang pernah gagal saya nilai memang merupakan kegagalan BPBJ DKI Jakarta karena tidak mampu menciptakan sistem pengadaan barang dan jasa yang adil dan berpihak pada kontraktor kecil dan UMKM,” tegasnya.

Dia berharap agar Anies-Sandi sebaiknya membatalkan keputusan lelang konsolidasi karena memang pernah tidak efektif. Padahal semasa kampanye Pilkada DKI Jakarta lalu, Anies-Sandi dalam kampanye politiknya berjanji akan memberikan ruang usaha kepada kontraktor kelas kecil untuk ikut dalam tender pengadaan barang dan jasa.

“Saya berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mengurungkan niatnya melanjutkan program lelang konsolidasi dan mencari solusinya. Mereka harus bersikap adil kepada pengusaha kecil, karena pengusaha kecil pun punya cita-cita untuk menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya. (AH)

You may be interested

Urus Berkas, Warga Jumpai Camat Haranggaol di Rumah Saat Jam Kerja
Berita, Simalungun
0 shares15 views

Urus Berkas, Warga Jumpai Camat Haranggaol di Rumah Saat Jam Kerja

REDAKSI - Mei 23, 2018

ALS-HARANGGAOL Perilaku tidak terpuji ditunjukan Camat Haranggaol kepada Warga Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun l Hal itu Terlihat, saat warga ingin mengurus Surat keterangan…

Wah Gawat..!! Oknum Pekerja Perbaikan Jalan Simarjarunjung Jualan Aspal Bekas
Berita, Simalungun
0 shares9 views

Wah Gawat..!! Oknum Pekerja Perbaikan Jalan Simarjarunjung Jualan Aspal Bekas

REDAKSI - Mei 23, 2018

ALS-SIMALUNGUN ATAS Pekerja proyek perbaikan jalan (tambal sulam) Jalan Lintas Negara tepatnya di Jalan Simarjarungjung Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara memperjual…

Korban Penyerangan Dijaga Ketat
Berita, Peristiwa
0 shares13 views

Korban Penyerangan Dijaga Ketat

REDAKSI - Mei 23, 2018

ALS-JAMBI Meski kondisi dua korban anggota polisi, yakni Aiptu HSP Manalu dan Bripka Sangap Sinambunan sudah mulai sadar akibat penyerangan di Rumah Sakit…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category