11 Shares 176 Views

Pesawat Trigana Twin Otter Ditembak OTK di Kabupaten Nduga, Status Siaga 1

Jun 26, 2018
11 177

ALS-KENEYAM

Telah terjadi aksi penembakan pesawat Trigana Twin Otter oleh OTK pada Senin (25/06/2018) kemarin. Peristiwa penembakan tersebut terjadi di Bandara Nduga.

Sebelum terjadinya penembakkan oleh OTK, sekira pukul 09.45 Wit, pesawat Trigana Twin Otter terlihat mengitari bandara Keneyam. Personel aparat keamanan TNI/Polri yang berjumlah sekitar 35 orang yang terdiri dari personel Brimob, Polsek, Pos Kodim, Brimob Sat Pelopor Mabes Polri sedang melaksanakan PAM tepatnya di landasan parkir pesawat.

Tepat pada pukul 09.50 Wit, pesawat mendarat dari sebelah Barat menuju Timur landasan. Saat pesawat berhenti dan hendak memutar di ujung timur landasan, disitulah pesawat ditembaki sebanyak sekitar 10 kali.

Setelah terjadinya peristiwa penembakkan yang mengagetkan itu, aparat keamanan pun langsung melakukan pengejaran. Aksi pengejaran tersebut dibalas dengan rentetan tembakkan yang membabi buta dari OTK. Dari informasi yang berhasil di dapat, kawanan OTK diduga masuk ke kawasan ujung timur bandara dan dengan jalan memasuki kios masyarakat yang ada di sekitar.

Akibat aksi penembakan tersebut pilot Trigana yang bernama Ahmad Khamal terkena tembakkan di bagian punggung kanan. Ahmad Kamal langsung diamankan ke Puskesmas Keneyam (masih dalam kondisi hidup).

Pada pukul 10.00 Wit sampai pada pukul 11.30 Wit, aksi saling kejar dan saling tembak berlangsung di kawasan ujung Bandara hingga ke kawasan Koteka yang berada di kompleks perumahan DPRD. Saat itu kekuatan aparat keamanan TNI dan Polri sekitar 70 orang. Dan pengejaran dilakukan dengan jalan kaki, 2 unit truck, dan 2 unit mobil Hilux.

Pada pukul 11.30 Wit, terdengar informasi bahwa ada satu korban tewas akibat luka tembak yang bernama Henrik Sattu alias Kola yang diketahui sebagai pedagang Kios dan berasal dari suku Toraja.

Pada pukul 11.55 Wit, dilakukan evakuasi korban yang tewas ke Pos Pol Keneyam. Dan saat itu ditemukan tiga orang tewas yaitu, Henrik Sattu alias Kola (35) yang meninggal akibat luka tembak tembus di perut bagian kiri, Margaretha Pali (20) yang diduga istri Henrik Satru diketahui meninggal akibat sabetan parang di kepala, Zaenal Abidin (28) diketahui meninggal akibat tembakan di rusuk kiri.

Pada pukul 12.00 Wit, korban tewas diletakkan di Pos Pol Keneyam. Kemudian terdengar kabar 1 korban luka sabetan parang yang bernama Arjun (6) yang diketahui anak dari Henrik Sattu Kolla. Anak ini terluka pipi kanan akibat terkena sabetan parang. Dan saat ini sedang mendapatkan pengobatan dari medis di Barak Merah Pemerintah daerah Nduga.

Mulai pukul 12.00 Wit siang tadi sampai dengan saat ini, pihak keamanan masih melakukan pengejaran terhadap OTK dan sesekali terdengar suara tembakan.

Hingga saat ini 2 unit pesawat Twint Oter trigana belum bisa keluar di sebabkan masih di lakukan pengejaran terhadap OTK. Dan situasi saat ini masih dalam kondisi siaga 1 di ujung Bandara Kenyam. (**)

 

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
36 shares225 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
26 shares219 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares404 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category