6 Shares 164 Views

Puluhan Pedagang Pasar Kain Demo di Depan Kantor Walikota

Mei 14, 2018
6 165

ALS-TEBINGTINGGI
Sebanyak 116 orang pedagang Pasar Kain yang tergabung dalam Perhimpunan Pedagang Pasar Kain Bunga (P3KB) di Jalan MT Haryono, Kota Tebing Tinggi menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Wali Kota Tebing Tinggi yang berada Jalan Sutomo, Kota Tebing Tinggi, Senin (14/5) pagi.

Aksi demo ini diakui pedagang dilakukan karena mereka tidak mendapatkan kios di Pasar Kain, meskipun mereka sudah membayar retribusi dan melengkapi persyaratan seperti surat-surat. Para Pedagang ini juga membawa tulisan kecaman untuk membatalkan pembukaan pasar kain, karena mereka yang mendapatkan kios kebanyakan bukan pedagang pemilik kios. Salah seorang pedagang, Aseng (56) mengaku tidak mendapatkan kios padahal sudah berdagang disana selama 37 tahun, tetapi setelah pasar tersebut dibangun megah, pemilik kios terdahulu tidak mendapatkan kios, sedangkan para penyewa mendapatkan kios.

“Kita berharap keadilan, terutama Pemko Tebing Tinggi melalui Wali Kota Tebing Tinggi mengambil tindakan agar membatalkan penerima kios pasar kain yang bukan pemilik kios tetapi pedagang sewaan,” sebutnya. Dikatakan Aseng jika yang mendapatkan kios adalah pedagang yang sebelumnya telah memiliki pajak mereka tidak keberatan, namun ini malah pedagang yang dulunya menyewa yang mendapatkan kios. “Kami berharap agar pemko dapat menampung aspirasi kami yaitu dengan melakukan pencabutan nomor undian kios secara bersamaan,” pintanya.

Salah seorang pedagang lainnya, Ramona Hasibuan mengaku dirinya meminta keadilan karena pembagian kios pasar kain bunga tidak transparan dan terkesan ada permainan. Ramona juga meminta agar pencabutan nomor undian dilakukan ulang. Diakui Ramona, dirinya sebelumnya telah memiliki sebanyak 14 kios, namun setelah pasar dibangun kembali dirinya hanya mendapatkan satu kios, padahal dirinya telah membayar retribusi ke 14 kios setiap tahunnya. Sementara Ramli, yang juga pedagang kain mengaku jika dirinya sama sekali tidak mendapatkan satu kiospun meski Ramli mengaku sudah berdagang selama 5 tahun di pasar kain tersebut.

Aksi demo para pedagang ini akhirnya diterima oleh Wakil Wali Kota Tebing Tinggi H Oki Doni Siregar didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan Malon Situmeang. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan jika pihak Dinas Perdagangan akan melakukan pendataan kembali terhadap para pedagang. Usai pertemuan, para pedagang akhirnya membubarkan diri dengan aman. Aksi demo para pedagang ini sebelumnya juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polres Tebing Tinggi.

Sekretaris dinas perdagangan Malon Situmeang saat ditemui wartawan mengatakan bahwa mereka yang melakukan aksi protes adalah pemilik kios yang selama ini menyewakan kiosnya kepada pedagang lain selama tahunan, tetapi mengapa setelah adanya pembagian kios, mereka menuntut haknya, karena selama ini yang terdata disana sebagai pedagang adalah mereka yang memang berdagang. “Memang diantara pemilik kios yang sebelumnya memiliki kios lebih dari satu dan menyewakan kiosnya kepada pedagang lain ada yang hanya mendapatkan satu kios saja, sehingga mereka protes. Untuk itu kita akan melakukan pendataan kembali,” ujar Malon Situmeang.

Terpisah, Kadis Perdagangan Kota Tebing Tinggi Gul Bakhrie Siregar saat dihubungi wartawan mengatakan akan menerima perwakilan pedagang dan menampung aspirasi para pedagang tersebut. (RP)

Ket Foto : Ratusan pedagang yang mengatasnamakan Perhimpunan Pedagang Pasar Kain Kota Tebing Tinggi menggelar aksi demo di depan Kantor Wali Kota Tebing Tinggi.

 

You may be interested

Ratusan Rumah Terbakar di Batam, Kerugian Miliaran Rupiah
Berita
27 shares139 views

Ratusan Rumah Terbakar di Batam, Kerugian Miliaran Rupiah

REDAKSI - Jul 14, 2018

ALS-BATAM Jika sudah kehendakNya, siapa pun tak boleh menghalangi. Seperti yang terjadi di pulau Batam pada hari ini Sabtu (14/07/2018) pagi tadi. Ratusan…

Martin Hutabarat : Partai Gerindra Jaminannya Menjaga Kerukunan di Indonesia
Berita, SUMUT
5 shares71 views

Martin Hutabarat : Partai Gerindra Jaminannya Menjaga Kerukunan di Indonesia

REDAKSI - Jul 14, 2018

ALS-SUMUT Martin Hutabarat, Anggota DPR RI, melaksanakan kegiatan Sarasehan Kebangsaan bersama kadernya di Nagori Sirube Rube, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sabtu (14/07/2018).…

Hari Ini Martin Hutabarat Adakan Sarasehan Kebangsaan
Berita, SUMUT
13 shares81 views

Hari Ini Martin Hutabarat Adakan Sarasehan Kebangsaan

REDAKSI - Jul 14, 2018

ALS-SIDAMANIK Hari ini akan ada kegiatan sarasehan kebangsaan yang diadakan oleh Martin Hutabarat SH,Anggota DPR RI. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Umum Kecamatan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category