6 Shares 68 Views

Puluhan Pedagang Pasar Kain Demo di Depan Kantor Walikota

Mei 14, 2018
6 69

ALS-TEBINGTINGGI
Sebanyak 116 orang pedagang Pasar Kain yang tergabung dalam Perhimpunan Pedagang Pasar Kain Bunga (P3KB) di Jalan MT Haryono, Kota Tebing Tinggi menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Wali Kota Tebing Tinggi yang berada Jalan Sutomo, Kota Tebing Tinggi, Senin (14/5) pagi.

Aksi demo ini diakui pedagang dilakukan karena mereka tidak mendapatkan kios di Pasar Kain, meskipun mereka sudah membayar retribusi dan melengkapi persyaratan seperti surat-surat. Para Pedagang ini juga membawa tulisan kecaman untuk membatalkan pembukaan pasar kain, karena mereka yang mendapatkan kios kebanyakan bukan pedagang pemilik kios. Salah seorang pedagang, Aseng (56) mengaku tidak mendapatkan kios padahal sudah berdagang disana selama 37 tahun, tetapi setelah pasar tersebut dibangun megah, pemilik kios terdahulu tidak mendapatkan kios, sedangkan para penyewa mendapatkan kios.

“Kita berharap keadilan, terutama Pemko Tebing Tinggi melalui Wali Kota Tebing Tinggi mengambil tindakan agar membatalkan penerima kios pasar kain yang bukan pemilik kios tetapi pedagang sewaan,” sebutnya. Dikatakan Aseng jika yang mendapatkan kios adalah pedagang yang sebelumnya telah memiliki pajak mereka tidak keberatan, namun ini malah pedagang yang dulunya menyewa yang mendapatkan kios. “Kami berharap agar pemko dapat menampung aspirasi kami yaitu dengan melakukan pencabutan nomor undian kios secara bersamaan,” pintanya.

Salah seorang pedagang lainnya, Ramona Hasibuan mengaku dirinya meminta keadilan karena pembagian kios pasar kain bunga tidak transparan dan terkesan ada permainan. Ramona juga meminta agar pencabutan nomor undian dilakukan ulang. Diakui Ramona, dirinya sebelumnya telah memiliki sebanyak 14 kios, namun setelah pasar dibangun kembali dirinya hanya mendapatkan satu kios, padahal dirinya telah membayar retribusi ke 14 kios setiap tahunnya. Sementara Ramli, yang juga pedagang kain mengaku jika dirinya sama sekali tidak mendapatkan satu kiospun meski Ramli mengaku sudah berdagang selama 5 tahun di pasar kain tersebut.

Aksi demo para pedagang ini akhirnya diterima oleh Wakil Wali Kota Tebing Tinggi H Oki Doni Siregar didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan Malon Situmeang. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan jika pihak Dinas Perdagangan akan melakukan pendataan kembali terhadap para pedagang. Usai pertemuan, para pedagang akhirnya membubarkan diri dengan aman. Aksi demo para pedagang ini sebelumnya juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polres Tebing Tinggi.

Sekretaris dinas perdagangan Malon Situmeang saat ditemui wartawan mengatakan bahwa mereka yang melakukan aksi protes adalah pemilik kios yang selama ini menyewakan kiosnya kepada pedagang lain selama tahunan, tetapi mengapa setelah adanya pembagian kios, mereka menuntut haknya, karena selama ini yang terdata disana sebagai pedagang adalah mereka yang memang berdagang. “Memang diantara pemilik kios yang sebelumnya memiliki kios lebih dari satu dan menyewakan kiosnya kepada pedagang lain ada yang hanya mendapatkan satu kios saja, sehingga mereka protes. Untuk itu kita akan melakukan pendataan kembali,” ujar Malon Situmeang.

Terpisah, Kadis Perdagangan Kota Tebing Tinggi Gul Bakhrie Siregar saat dihubungi wartawan mengatakan akan menerima perwakilan pedagang dan menampung aspirasi para pedagang tersebut. (RP)

Ket Foto : Ratusan pedagang yang mengatasnamakan Perhimpunan Pedagang Pasar Kain Kota Tebing Tinggi menggelar aksi demo di depan Kantor Wali Kota Tebing Tinggi.

 

You may be interested

Dua Personil Polisi Terluka Diserang OTK
Berita, Nasional
0 shares27 views

Dua Personil Polisi Terluka Diserang OTK

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-JAMBI Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Marosebo, Jambi diserang oleh seorang tidak dikenal yang membawa senjata tajam pada Selasa (22/5) sekira pukul 14.30 WIB.…

Dianggap Melecehkan, Anggota Dewan Ini Dipukuli 4 Orang
Berita, Hukum
0 shares85 views

Dianggap Melecehkan, Anggota Dewan Ini Dipukuli 4 Orang

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-KARAWANG Berawal dari postingan meme gambar Habib Rizik Sihab dan Amien Rais yang di sebar oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Karawang dari…

Dua Pelaku Narkoba Diringkus Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi
Berita, Tebing Tinggi
0 shares51 views

Dua Pelaku Narkoba Diringkus Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-TEBINGTINGGI Personil Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Tebing Tinggi berhasil menangkap dua orang pria, yang diduga merupakan pelaku penyalahgunaan narkoba dari dua lokasi…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category