81 Shares 1112 Views

Putusan Bawaslu Final dan Mengikat, JR Saragih Akan Menang

Mar 03, 2018
81 1113

ALS-MEDAN

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain mengatakan, selaku lembaga penyelenggara Pemilu, akan patuh terhadap apapun putusan dari majelis musyawarah Bawaslu.

Iskandar Zulkarnain mengatakan itu kepada Waspada, Jumat (2/3), berkenaan dengan akan dilaksanakannya putusan dari majelis musyawarah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terhadap gugatan calon calon (Balon) Gubsu JR. Saragih.

Menurut Iskandar, beberapa protes dan keberatan yang mereka sampaikan dalam beberapa persidangan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilgubsu 2018 di Bawaslu Sumut, tidak akan berlanjut pada sikap mereka atas hasil putusan sidang yang akan disampaikan Sabtu (3/3).

“Sesuai aturan, keputusan dari Bawaslu itukan sifatnya final dan mengikat. Tentunya kita akan membesar apapun putusan dari majelis, “katanya.

Iskandar mengatakan, berbagai alibi atau keberatan yang mereka sampaikan dalam beberapa persidangan lebih pada menunjukkan kepada publik apakah mereka sudah bekerja sesuai dengan prosedur dan peraturan yang mengikat mereka dalam mengerjakan tahap Pilkada.

Katanya, dalam penyelesaian sengketa ini bukan perjuangan yang menang atau kalah, pelaut KPU Sumut hanya menunjukkan mereka sudah bekerja sesuai dengan peraturan yang ada.

Yakin JR Akan Menang

Sementara itu Kuasa Hukum JR Saragih Ikhwaluddin Simatupang mengatakan, sebenarnya jika ada Undang-Undang No.10 Tahun 2016, maka tidak ada alasan untuk tidak meloloskan JR Saragih sebagai Cagubsu.

Katanya, UU 10 Tahun 2016 tegas mengatakan syarat pendaftaran calon baru ijazah terakhir. Dan KPU sudah menjaring ijazah JR Saragih, ada terlampir dalam berkas pendaftarannya.

“Sebenarnya Pak JR Saragih, sudah dirugikan dari putusan KPU yang tidak meloloskannya sebagai Cagubsu. Maka putusan Bawaslu nanti diharapkan yang ke luar adalah putusan yang terbaik untuk semua pihak, “tandasnya.

Begitupun, menurut Ikhwaluddin, melihat dari bukti-bukti yang mereka ajukan, dan fakta-fakta dan keterangan yang ada dalam sidang musyawarah Bawaslu beberapa kali yang lalu, suka berkeyakinan JR Saragih, akan menang.

Saat ditanya apa langkah yang akan diambil jika ternyata Bawasluambil JR Saragih, tetap tidak lolos sebagai Cagubsu? Ikhwaluddin, UU belum mau berpikir jauh soal hal tersebut.

“Kalau besok ternyata putusannya permohonan pemohon tidak dikabulkan, maka kita akan membahas lagi tentang langkah apa yang selanjutnya akan diambil,” tandasnya.

Diketahui, berdasarkan jadwal sidang putusan terhadap gugatan JR Saragih-Ance Selian, terhadap KPU Sumut akan dilaksanakan hari ini. Jadwal ini sesuai dengan aturan yang menyatakan sengketa Pemilu di Bawaslu akan diputuskan dalam 12 hari, sempat terjerat gugatan teregistrasi di Bawaslu.

Sumber : Waspada

You may be interested

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba
Berita, SUMUT
0 shares17 views

Data Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SUMUT Danau Toba termasuk satu diantara tujuh keajaiban yang ada di dunia. Danau Toba atau tao toba sebutan bagi orang Sumatera Utara khususnya…

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya
Berita, SUMUT
0 shares120 views

Identifikasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di RSUD Rondahaim Pematang Raya

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-SIMALUNGUN Hasil keputusan bersama kemarin memutuskan bahwa Rumah Sakit (RSUD) Rondahaim Pematang Raya akan di gunakan sebagai tempat identifikasi para jenazah korban kapal…

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi
Berita, SUMUT
0 shares331 views

Dua Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Pagi Ini, RS Rondahaim Raya Tempat Identifikasi

REDAKSI - Jun 20, 2018

ALS-TIGARAS Pada pagi hari ini, Rabu (20/06/2018) sekira pukul 10.30 Wib, Tim SAR kembali menemukan sosok mayat seorang perempuan dengan ciri-ciri : Rambut…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category