9 Shares 102 Views

Ratusan Sopir Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Test Urine

Jun 11, 2018
9 103

ALS-TEBINGTINGGI

Ratusan sopir bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine didalam Terminal Bandar Kajum, Jalan KL Yos Sudarso, Kota Tebing Tinggi, Senin (12/6) siang.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kolestrol, asam urat, gula darah, darah tinggi dan darah rendah. Selanjutnya didampingi petugas BNNK Tebing Tinggi, para sopir menuju kekamar kecil untuk mengambil air urinenya, yang kemudian dilakukan tes pemeriksaan urine untuk mengetahui apakah sopir tersebut mengkomsumsi narkotika atau tidak.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi, Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Satlantas Polres Tebing Tinggi, Badan Narkotika Nasional Kota Tebing Tinggi, Dokter Rumkit Bhayangkara serta PT Jasa Raharja Kota Tebing Tinggi.

Pemeriksaan ini sendiri dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang yang menjalani mudik jelang lebaran dan menghindari kecelakaan lalulintas. Dalam kesempatan tersebut, pihak Dishub dan Satuan Lalu Lintas Polres Tebing Tinggi juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan dan memeriksa kelayakan jalan kenderaan.

Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan yang meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang mudik dan ingin merayakan lebaran di kampung halamannya. Dan kepada para sopir, Wali Kota H Umar Zunaidi Hasibuan berharap untuk mengikuti dan menjalani pemeriksaan.

“Pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini harus dilakukan terhadap para sopir untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan demi keselamatan penumpang dan sopir itu sendiri. Dan bila ditemukan pengemudi yang sakit, nantinya tim medis akan memberikan obat maupun vitamin agar kondisi sopir tersebut dapat kembali pulih. Selain itu cek kelayakan kenderaan juga perlu dilakukan,” terang Umar Zunaidi.

Wali Kota juga meminta kepada para sopir angkutan untuk tidak kebut-kebutan di jalan raya yang dapat membahayakan penumpang dan pengendara lainnya. “Kita berharap para sopir tidak kebut-kebutan, sakit ataupun mengunakan narkoba. Dan bila sopir sakit atau terbukti memakai narkoba, kita meminta pihak angkutan untuk menganti sopir tersebut, karena keselamatan penumpang adalah yang utama,” tegasnya.

Salah seorang sopir bus antar kota, Rianda Manalu (38) mengatakan jika dirinya sempat terkejut ketika pihak Dinas Perhubungan memaksa busnya untuk masuk kedalam terminal, namun setelah mengetahui jika hanya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan narkoba dirinyapun mengikuti pemeriksaan tersebut “Awalnya sempat bingung, saya pikir di razia terkait apa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tebing Tinggi Kompol Bambang Rubianto mengatakan bahwa dari hasil tes urine yang dilakukan, didapati jika dua orang sopir bus terindikasi positif menggunakan narkoba jenis sabu dan ganja. Mereka yang diamankan adalah Zulkarnaen, sopir bus antar provinsi yang setelah menjalani tes urine oleh BNNK Tebing Tinggi dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis Sabu.

Namun kepada petugas, Zulkarnaen mengaku bahwa dirinya baru saja mengkomsumsi obat sakit gigi. Sedangkan satu lagi adalah Roberto Sianturi, sopir bus antar kota asal Pematang Siantar yang diduga positif menggunakan narkotika jenis Ganja. “Kedua sopir tersebut telah diamankan ke kantor BNNK Tebing Tinggi guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.

Tampak hadir Waka Polres Tebing Tinggi Kompol V Siagian, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Harahap, Kepala Jasa Raharja Sumardi, Kadis Kesehatan dr Nanang Fitra Aulia, serta Kabag Humas Pemko Tebing Tinggi Abdul Halim Purba. (RP)

Keterangan Foto : Para sopir bus angkutan kota dalam provinsi dan luar provinsi ketika menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine.

Tebing Tinggi, 11 Juni 2018.

You may be interested

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine
Berita, SUMUT
0 shares5 views

Wewujudkan TNI AD Bebas Dari Narkoba, Korem 022/PT Melaksanakan Test Urine

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-SIANTAR Sebanyak 50 orang anggota Korem 022/PT  melaksanakan tes urine di Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Pematangsiantar. Kegiatan tes urine ini langsung…

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa
Berita, Simalungun
0 shares19 views

Tak Kunjung Dikerjakan, Warga Hutabayu Merasa Kecewa

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-HUTABAYU Proyek pembangunan peningkatan jalan Hutabayu Raja terkesan di telantarkan. Hal itu dikatakan puluhan orang warga Hutabayu Raja pada www.akarliputan sumut com, pada…

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling
Berita, SUMUT
0 shares25 views

Diwarnai Aksi Kejar Kejaran, Polsek Lahusa Polres Nisel Berhasil Sita 700 Liter Tuak Suling

REDAKSI - Agu 15, 2018

ALS-NISEL Petugas Kepolisian Sektor Lahusa Polres Nias Selatan Sumatera Utara, menggagalkan peredaran minuman keras jenis tuak suling sebanyak 700 liter yang berasal dari…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category