13 Shares 210 Views

Sekjen KSBSI : Media Berperan Besar Dalam Perjuangan Buruh

Mar 10, 2018
13 211

ALS-JAKARTA

Sejarah membuktikan dalam perjalanan sejarah perjuangan serikat buruh dari gerakan internasional sampai di Indonesia, media selalu memiliki peran membantu kampanye dan advokasi dalam pemberitaan. Hal itu disampaikan Eduard Marpaung, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dalam agenda Dialog “Round Table” bersama wartawan dengan tema “Kampanye Dan Advokasi Perjuangan KSBSI Melalui Media”, di Sekretariat KSBSI, Cipinang Muara, Jakarta Timur. Intinya, dia menegaskan, sejak awal berdirinya KSBSI sampai saat ini, media ikut membantu dalam memperjuangakan hak-hak buruh di Indonesia.

Eduard juga menjelaskan ditengah KSBSI sedang berjuang membela kepentingan buruh, kondisi kekuatan serikat buruh saat ini sedang mengalami kemunduran. Lanjutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan gerakan buruh di Indonesia mengalami kemunduran, sehingga tidak solid lagi dalam kekuatan aksi massa dan intelektual.
Diantaranya seperti ada oknum aktivis serikat buruh yang sudah terjebak dalam kepentingan pragmatis dengan oknum pengusaha nakal, dengan menjual idealismenya. Kemudian ada yang bermain mata dengan elit kekuasaan politik untuk kepentingan politik semata tapi tidak pernah memikirkan nasib buruh.

“Ditambah lagi kasus intimidasi dan kriminalisasi hukum kepada aktivis buruh sampai saat ini pun masih terjadi, termasuk saya saat ini ikut menjadi korban,” ungkapnya, Jumat, 9 Maret 2018.
Selain itu, dampak masuknya era teknologi digitalisasi saat ini sangat berdampak pada menurunnya jumlah anggota serikat buruh di perusahaan. Akibat derasnya teknologi digitalisasi itu, beberapa sektor perusahaan terkena imbas bangkrut dan terjadi kasus pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk itulah, dia berharap ditengah gerakan serikat buruh sedang mengalami kemunduran, dia berharap peran media ikut membantu perjuangan serikat buruh.

“Kasus PHK, pemberangusan serikat buruh dan, upah tidak layak, status buruh kontrak, intimidasi, pemecatan sepihak dan penangkapan aktivis buruh/pekerja masih marak terjadi. Saya berharap kawan-kawan wartawan ikut berjuang bersama-sama, karena wartawan juga bagian dari buruh,” imbuhnya.

Eduard juga berharap agar awak media lebih kritis mengupas diluar isu-isu normativ masalah ketenagakerjaan, dimana sangat mengancam kesejahteraan buruh. Seperti dampak kebijakan kenaikan tariff dasar listrik (TDL), kebijakan impor beras, masalah keselamatan dan kesehatan kerja nasional (K3N) dampak lingkungan akibat perusahaan melakukan perusakan lingkungan.

“Penerapan K3N menurut penilaian saya media masih minim membahas beritanya lebih luas. Ketika pemerintah menerapkan program K3, fakta yang terjadi kasus kecelakaan kerja yang menimpa buruh dalam perusahaan di Indonesia masih terbilang tinggi, karena banyak perusahaan yang tidak mematuhi aturan K3,” bebernya.

Menyikapi fenomena gerakan serikat buruh sedang dipersimpangan jalan karena tidak solid, dia berharap aktivis buruh segera melakukan evaluasi dan konsolidasi bersama. “Kalau tidak solid dan satu perjuangan, maka bisa dipastikan gerakan buruh akan semakin mengalami kemunduran. Terlebih, Indonesia semakin dicengkram liberalisasi ekonomi asing yang ujung-ujungnya sangat merugikan kepentingan buruh,” tutupnya. (AH)

You may be interested

Dua Personil Polisi Terluka Diserang OTK
Berita, Nasional
0 shares25 views

Dua Personil Polisi Terluka Diserang OTK

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-JAMBI Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Marosebo, Jambi diserang oleh seorang tidak dikenal yang membawa senjata tajam pada Selasa (22/5) sekira pukul 14.30 WIB.…

Dianggap Melecehkan, Anggota Dewan Ini Dipukuli 4 Orang
Berita, Hukum
0 shares85 views

Dianggap Melecehkan, Anggota Dewan Ini Dipukuli 4 Orang

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-KARAWANG Berawal dari postingan meme gambar Habib Rizik Sihab dan Amien Rais yang di sebar oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Karawang dari…

Dua Pelaku Narkoba Diringkus Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi
Berita, Tebing Tinggi
0 shares51 views

Dua Pelaku Narkoba Diringkus Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi

REDAKSI - Mei 22, 2018

ALS-TEBINGTINGGI Personil Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Tebing Tinggi berhasil menangkap dua orang pria, yang diduga merupakan pelaku penyalahgunaan narkoba dari dua lokasi…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Most from this category