10 Shares 243 Views

STP Bangun Fasilitas Air Bersih Untuk Masyarakat Tambun Raya

Apr 10, 2018
10 244

ALS-TAMBUN RAYA

Air bersih merupakan kebutuhan dasar setiap individu yang harus dipenuhi. Mengingat masih sulitnya mendapatkan akses air bersih di beberapa daerah, PT Suri Tani Pemuka (STP) anak perusahaan dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menginisiasi pembangunan Filter Air Bersih di Danau Toba.

Guna mendukung Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih (KSNP-SPAM) Pemerintah, pembangunan Fiter Air Bersih Danau Toba dilakukan dan diresmikan di Tambun Raya. “Sebelumnya masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno – Nagori Tambun Raya hanya dapat mengharapkan air dari mata air, padahal mata air yang ada sering kali kering di musim kemarau dan cukup jauh dari tempat tinggal mereka,” ujar Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA. “Air Danau Toba adalah air kehidupan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi filtrasi, air Danau Toba dapat dimanfaatkan untuk air minum,” tambahnya.

Menurut data versi Wateraid (2016), Indonesia berada di peringkat ke-6 dari 10 negara atau sekitar 32 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses air bersih, padahal keberadaan air bersih memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar. Nyatanya, kebersihan air tidak dapat dilihat dari permukaan saja, namun harus dipantau dari partikel terkecil hingga mencapai tahap aman untuk di konsumsi.

“Sistem filtrasi yang dibuat STP adalah Ultra Filtration Water Treatment, dimana air Danau Toba melewati penyaringan berlapis untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan stabil dan baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” jelas Rachmat. Secara periodik, diperlukan pemeliharaan atas filter air ini agar selalu dapat bekerja dengan optimal. “Sample air hasil filter ini juga telah diuji di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk air minum,” lanjut Rachmat.

Pangulu Nagori Tambun Raya Bitner Damanik mengaku sangat senang dengan adanya bantuan filter air bersih tersebut karena warganya tidak perlu lagi mencari mata air yang belum tentu terjamin kualitasnya untuk mencukupi kebutuhan air bersih mereka. “Dengan memanfaatkan air dari Danau Toba kebutuhan warga akan air bersih dapat tercukupi, dan saya sangat berterima kasih kepada perusahaan yang sudah peduli akan kebutuhan air bersih warga kami dan membuktikan bahwa air Danau Toba layak menjadi bahan baku air minum,” pungkasnya.

Filter air bersih ini diserahterimakan kepada masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Fasilitas ini selanjutnya akan dikelola oleh pemerintah daerah dan masyarakat. Acara serah terima juga dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Dinas Lingkungan Hidup Kab Simalungun, Camat Pematang Sidamanik, Pangulu Nagori Tambun Raya, warga masyarakat sekitar dan juga perwakilan perusahaan.

Kegiatan lain yang dilakukan STP dalam mendukung kelestarian lingkungan adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) Danau Toba, upaya penghijauan di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba dengan luas 20 Ha dan 11.000 Pohon.

Selain itu STP juga mengadakan kegiatan dengan menyasar anak Sekolah Dasar, yakni dengan berkomitmen untuk mengajarkan anak-anak daerah sekitar untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam kesempatan yang sama, pada saat peresmian, anak-anak dari SDN Tambun Raya, yang merupakan murid bimbingan belajar STP juga menampilkan kebolehannya menari dan bernyanyi dalam Bahasa Inggris.

Dalam segi sarana dan prasarana, STP telah membangun toilet di SDN Tambun Raya dan SDN Parbalohan. Alat-alat kebersihan sekolah juga diberikan guna menjalankan gerakan kebersihan sekolah sebagai bentuk kepedulian STP terhadap lingkungan dan kesehatan. Pembangunan jembatan sebagai salah satu akses jalan juga dilakukan untuk menyambungkan daerah Tambun Raya dengan Tigaras.

PT Suri Tani Pemuka merupakan salah satu anak perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, yang terintegrasi dibidang budidaya perikanan, pengolahan, serta pakan ikan dan udang yang akan terus mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat, sesuai dengan visi perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Kepala Dinas Lingkungan hidup Provinsi Sumatera Utara Binsar Situmorang dalam sambutannya mengatakan pemda dan pemprov diharapkan dapat bersinergi membangun kawasan danau toba menjadi lebih baik.

“Dengan adanya pembangunan fasilitas instalasi filter air bersih  ini,  dapat memberikan manfaat thp seluruh masyarakat kec. pematangsidamanik khususnya nagori tambun raya, dusun tambun raya dan tiga baru dan sait borno “, ungkap Binsar. (Dj)

You may be interested

Kemendag Wajibkan Pencantuman Label Pada Kemasan Beras Untuk Lindungi Konsumen
Berita, Jakarta
0 shares7 views

Kemendag Wajibkan Pencantuman Label Pada Kemasan Beras Untuk Lindungi Konsumen

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-JAKARTA Kementerian Perdagangan (Kemdag) terus berupaya melindungi konsumen khususnya konsumen beras. Salah satunya dengan mewajibkan pencatuman label pada kemasan beras. Hal ini tertuang…

Tentara Pembebasan Nasional OPM Tembak dan Panah Dua Prajurit TNI
Berita, Nasional
0 shares11 views

Tentara Pembebasan Nasional OPM Tembak dan Panah Dua Prajurit TNI

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-IRIAN JAYA Kelompok Bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka kembali beraksi dengan melakukan pembunuhan terhadap anggota TNI pada Minggu (19/07/2018) kemarin di…

Dua Anggota TNI Tewas Ditembak Disaat Mengangkut Makanan Yang Akan Dibagikan Untuk Anak-Anak
Berita, Peristiwa
0 shares21 views

Dua Anggota TNI Tewas Ditembak Disaat Mengangkut Makanan Yang Akan Dibagikan Untuk Anak-Anak

REDAKSI - Agu 20, 2018

ALS-JAYAPURA Dua anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) tewas ditembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Dua prajurit itu…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category