14 Shares 222 Views

Sungai Padang Kembali Tercemar, Ribuan Ikan Mati

Jul 06, 2018
14 223

ALS-TEBINGTINGGI

Sungai Padang yang membelah Kota Tebing Tinggi kembali tercemar yang diduga berasal dari pembuangan limbah pabrik pengolahan sawit. Akibat pencemaran ini, ribuan ekor ikan yang berada di sungai Padang mabuk dan mati, yang akhirnya menjadi tangkapan warga yang tinggal disepanjang aliran sungai Padang, Jumat (6/7).

Kejadian matinya Ikan-ikan jenis ikan mas, ikan patin, ikan paitan, dan ikan sungai lainnya ini diakui warga sekitar terjadi sejak Kamis (5/7) sore yang ditimbulkan dari adanya pencemaran limbah sawit dari salah satu perusahaan di wilayah hulu sungai tepatnya di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Dan dua bulan lalu kejadian yang sama juga terjadi di sungai Padang ini.

Akibat adanya pencemaran yang terjadi di sungai Padang ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi, Idham Khalid bersama Camat Rambutan Muhammad Hasbie Assidiggi serta pihak Satuan Reskrim Polres Tebing Tinggi langsung turun kelokasi untuk mengambil sampel air sungai dan sampel ikan yang mati. Dan kejadian tersebut diakui Idham Khalid telah dilaporkan kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.

“Hingga saat ini belum ada respon atas laporan yang kita sampaikan, bahkan laporan atas adanya kejadian yang sama sekitar dua bulan lalu juga belum ada tindakan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi. Padahal kita sangat berharap pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut cepat mengambil tindakan,” ujar Idham Khalid kesal. Dikatakan Idham, pihaknya juga telah melakukan pengecekan ke lokasi pabrik pengolahan sawit dimana memang limbahnya tidak memenuhi syarat.

“Kami juga telah mencari informasi dari masyarakat disekitar pabrik, dan biasanya pabrik membuang limbah saat mau turun hujan deras di wilayah hulu sungai. Ada kemungkinan Kamis (5/6) sore mereka membuang limbah kedalam sungai karena ditaksir di hulu sungai akan turun hujan, namun ternyata hujan tidak jadi turun, maka limbah tersebut berakibat langsung kepada ikan-ikan di sungai,” ungkap Idham Khalid.

Sementara itu, pihak kepolisian Polres Tebing Tinggi yang turun kelokasi langsung mencari keterangan dari masyarakat disekitar hulu sungai. Rivan (48) salah seorang warga yang tinggal di Jalan Anturmangan, pinggiran sungai Padang Kota Tebing Tinggi mengaku jika sungai Padang mulai terlihat tercemar setelah air sungai berubah warna sedikit kemerahan.

“Setelah kondisi air sungai berwarna sedikit kemerahan, seketika itu, ikan-ikan melompat ke tepian sungai hingga menggundang perhatian warga sekitar dan langsung menangkap ikan-ikan itu. Kejadian ini mulai terlihat pada Kamis sore,” terangnya.  (Pas)

Keterangan Foto : – Warga sekitar yang turun ke sungai Padang untuk menangkap ikan-ikan yang mabuk akibat pencemaran limbah pabrik sawit.

 

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
36 shares227 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
26 shares219 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares406 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category