3 Shares 88 Views

Surat Pengunduran Diri Bagi ASN Yang Ingin Maju Jadi Caleg Tidak Dapat Ditarik Kembali

Jul 09, 2018
3 89

ALS-JAKARTA

Pilkada serentak baru saja dilalui dan saat ini, sejak Selasa (4/7) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran bagi Calon Anggota Legislatif (Caleg) di semua tingkatan untuk masa periode tahun 2019-2024.

Bahtiar, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri kepada wartawan pada Senin (9/7) mengatakan bahwa di dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga turut mewanti-wanti agar Aparatur Sipil Negara (ASN), ataupun anggota TNI dan Polri yang aktif agar bisa berhati-hati sebelum menyatakan diri ikut maju menjadi peserta Caleg.

Sebab sesuai dengan Pasal 240 ayat (1) huruf k di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilu, Bagi setiap Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri. Sama halnya juga bagi anggota TNI dan Polri yang masih aktif, serta Aparatur Sipil Negara (ASN), semuanya mereka dimintakan harus mundur jika ingin maju jadi caleg.

“Bagi mereka yang sudah memutuskan ingin maju jadi caleg, ASN perlu mempertimbangkan dan memikirkan nya matang-matang, sebab surat pengunduran diri ASN tidak dapat ditarik kembali”, ucap Bahtiar.

Dalam hal ini semuanya di samakan serta tidak terkecuali juga bagi Direksi, Komisaris hingga Karyawan pada Badan Usaha Milik negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta badan lain yang anggarannya berasal dari keuangan negara.

“Jika ASN ingin maju jadi caleg, surat pengunduran diri itu tidak dapat ditarik kembali”, tegas Bahtiar.

Bahtiar juga menambahkan bahwa posisi ASN seharusnya adalah netral dan tidak berpihak kepada siapapun. Maka dari itu agar berhati hati lah bagi para ASN yang ingin maju menjadi caleg, sebab surat pengunduran dirinya tidak dapat ditarik kembali. (J1/AH)

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
36 shares235 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
26 shares221 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares410 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category