23 Shares 190 Views

TBM Afdeling 3 Kebun Marihat Tidak Terawat dan Tampak Semak Tanpa Mukuna

Jul 06, 2018
23 191

ALS-MARIHAT

Lokasi areal Tanaman Belum Menghasilkan (TBM 1) yang berada di areal Afdeling 3 kebun Marihat kini terlihat tampak semak ditumbuhi banyak rerumputan seperti tidak terurus.

Selain rumput yang mulai menjalar panjang, dilokasi ini juga sangat jelas terlihat banyak sampah berserakan. Sepertinya pihak Afdeling 3 kebun Marihat telah melakukan pembiaran atas ini.

Mendengar hal ini, Simon Nainggolan selaku Ketua team investigasi TOPAN RI Sumut langsung turun kelokasi. Dan dari hasil pantauan Tim pada Kamis (05/07/2018) dilokasi siang tadi, areal TBM sebenarnya harus ditumbuhin mukuna yang bertujuan untuk menjaga kelembapan dan unsur hara pada tanah.

Tetapi tidak seperti wajar nya berlaku atau di berlakukan pada areal TBM Afdeling 3 kebun Marihat. Dilokasi sama sekali tidak ada ditanami mukuna.

Menurut Simon, hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kelak produksi Tandan Buah Segar. Justru seharusnya perawatan yang optimal harus dilakukan.

Seharusnya mukuna di tanam sebelum penanaman bibit sawit. Dan mukuna juga harus dari hasil penyemaian biji, bukan steck dari batang.

Setelah mukuna tumbuh rata pada areal yang akan di tanamin sawit, barulah di buat lubang. Dan setelah penanaman pada masa TBM 1, dilakukan juga piringan.

“Melihat situasi areal TBM Afdeling 3 kebun Marihat ini, sangat jauh dari kewajaran. Jelas terlihat tidak wajarnya kuantitas mukuna, serta ditumbuhin rumput dan juga belum adanya piringan”, ucapnya.

Masih menurut Simon, sangat wajar timbul pertanyaan, mengapa perawatan pada areal Afdeling 3 kebun Marihat tidak dilakukan secara optimal, apakah pada RKP tidak di prioritaskan. Dan penanaman Mukuna serta bibit sawit merupakan 1 paket kerja pada tanaman ulang. Jadi ada dugaan kinerja kontraktor tidak sesuai spesifikasi.

Untuk menindak lanjutin hal ini, team berusaha menemui Manager kebun Marihat. Tetapi beliau tidak berada di tempat.

Selanjutnya team akan segera melaporkan terkait temuan ini kepada Dirut PTPN IV untuk konfirmasi mengenai hal ini. (ALS)

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
36 shares233 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
26 shares221 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares410 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category