123 Shares 700 Views

Wagubsu : Pilkada 2018, Warga Sumut Sudah Kebal Isu Agama dan Sara

Feb 05, 2018
123 701

ALS-JAKARTA

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nur Azizah Marpaung, menegaskan Pilkada tahun 2018 di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan aman dan berjalan lancar. Hal itu disampaikannya, waktu diwawancarai wartawan, di Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dia menjelaskan, isu agama dan suku yang sedang hangat menjelang Pilkada di Sumut tidak seram seperti yang dibayangkan publik saat ini.

“Masyarakat Sumut hidupnya sangat toleransi dalam kehidupan beragama dan saling menghormati antar sesama suku. Saya sendiri bagian orang yang lahir dan besar di Sumut, jadi saya sangat mengerti karakter masyarakatnya. Kami tidak tidak terpancing dengan upaya adu domba dan isu sara dan agama, menjelang Pilkada dalam waktu dekat ini,” ujarnya, Senin, 5 Februari 2018.

Lebih lanjut dia menceritakan, waktu kejadian kerusuhan tahun 1998, Sumatera Utara, salah satu daerah yang menjadi sasaran kerusuhan penjarahan toko milik etnis tertentu. Namun kerusuhan itu langsung cepat teratasi dan kondusif. Begitu juga, wilayah juga sempat terjadi konflik etnis di salah satu kota, namun kerusuhan etnis itu langsung cepat redam.

“Berbagai kerusuhan yang berbau etnis dan agama itu langsung cepat diselesaikan, karena masyarakat Sumut dari tokoh agama, suku dan ormas, memang tak ingin Sumut terjadi konflik, karena budaya masyarakatnya sudah terkenal sangat toleran,” bebernya.

Pensiunan tentara, berpangkat bintang satu itu juga menjelaskan, bahwa Pemda Sumut terus memantau pergerakan kelompok-kelompok yang tak bertanggung jawab yang menginginkan masyarakat konflik. Semua pimpinan kepala daerah, seperti bupati dan walikota, TNI/Polri sudah dikumpulkan agar saling berkoordinasi, untuk memantau dan mengantisipasi kelompok-kelompok yang sengaja membuat rusuh di Sumut.

“Menjelang Pilkada di Sumut pun kami sudah melakukan sosialisasi ditengah masyarakat, dengan cara memberikan pendidikan demokrasi dan politik yang baik agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu. Kalau ada oknum dan kelompok yang sengaja menyebarkan kampanye hitam di Pilkada Sumut, akan kami tindak tegas,” tegasnya.

Adapun tujuan Wagub Sumut hadir ke Jakarta, dia menjelaskan tidak ada kepentingan politik. Kedatangannya hari ini adalah menghadiri undangan ibadah persiapan panitia Panitia Paskah Nasional, yang akan dilaksanakan di Kawasan Danau Toba dalam waktu dekat. Nur Azizah Marpaung, dalam acara itu juga dipercaya menjadi Ketua Panitia Paskah Nasional 2018. Tak hanya itu saja, tahun ini dirinya juga mengatakan dipercaya menjadi Ketua Panitia Nasional MTQ Nasional yang akan diadakan bulan Oktober 2018 di Sumatera Utara. (AH)

You may be interested

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa
Berita, Siantar
0 shares205 views

Mantan Dirut PDAM dan Kepala BPBD Harus Diperiksa

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Baru mengakhiri jabatan nya selama lebih dari 8 Tahun sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Uli, Nama Badri Kalimantan langsung santer disebut terlibat…

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan
Berita, Jakarta
0 shares201 views

164 Mayat Terkatung di Danau Toba, Presiden Harus Turun Tangan

REDAKSI - Jul 20, 2018

Oleh: Natalius Pigai Sudah 1 Bulan, KM Sinar Bangun yang tenggelam tanggal 18 Juni 2018 di perairan danau Toba Sumatera Utara telah meninggalkan…

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon
Berita, Siantar
46 shares390 views

Wakil Walikota Siantar Lantik 23 Pejabat Eselon

REDAKSI - Jul 20, 2018

ALS-SIANTAR Bertempat diruang data pemko pematangsiantar, Wakil Walikota Pematangsiantar ,Togar Sitorus SE MM, melantik 23 Pejabat Eselon di jajaran pemerintah kota. Dalam amanat…

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most from this category